Ujian Nasional?

Sabtu, 30 Maret 20130 Koment-an

"Ujian Nasional biasa disingkat UN / UNAS adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan." - Wikipedia tentang Ujian Nasional


Seperti itulah kurang jauh,dan writer (lagi nyari bahasa yang tepat,jadi daruratnya pake inggris dulu) sedang mempersiapkan buat UN ini. Ya,UN 2013 yang kurang 1 bulan (31 hari) lagi.
4 mapel @ 2 jam/mapel,penentuan untuk segalanya. Apakah tidak terlalu curang atau mendidik jika waktu yang sesingkat itu dipakai untuk menentukan kecerahan masa depan seorang murid?
Yah,untuk jabatan serendah saya eh maksudnya writer,ya mengikuti saja apa adanya. Mengapa? Nice question,coba lihat sekeliling..... Eh,maksud writer coba lihat anak SD/SMP/SMA sekarang,mereka mau apa? Mengadu gitu agar UASBN - UN - UN for SMA (kayak aplikasi aja ya) dihapus? Ya ga bisa,makanya mereka nurut aja. Sejujurnya ya mungkin jika diadakan survei,para siswa sekarang mungkin minta untuk diadakan tes jika ingin masuk ke jenjang yang lebih tinggi,ya itu hanya opini writer sih.
Jadi,bisa ditarik kesimpulan bahwa: Sesungguhnya UN tidak terlalu dibutuhkan,hanya saja (mungkin) pemerintah belum bisa mencari pengganti UN. Makanya UN masih saja diadakan

NB: UASBN for SD untuk tahun ajaran 2013/2014 sudah bakal dihilangkan. SMP dan SMA kapan?
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Acak Adulz Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Premium Blogger Template